Pageviews

Sabtu, 22 Juni 2013

Jambi Berkabut

Yap... sesuai dengan judul tulisan ini, hari ini, 22 Juni 2013, Jambi mulai berkabut, lebih tepatnya kabut asap, mulai menyelimuti kota Jambi tercinta. Walaupun tergolong masih kabut asap tipis, namun sudah mulai membuat mata perih.
Musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan banyaknya kebakaran hutan dan pembakaran lahan untuk pembukaan lahan perkebunan.
Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, 20 persen hotspot di Indonesia terjadi di hutan, dan 80 persen sisanya di lahan perkebunan (news.detik.com).
Untuk masalah kebakaran hutan, kita tidak dapat menyalahkan alam untuk itu.
Namun untuk pembakaran lahan yang disengaja untuk pembukaan lahan perkebunan baru, LAIN CERITA.
Pembukaan lahan perkebunan dengan cara pembakaran tidak seharusnya dilakukan, masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk pembukaan lahan, walaupun membutuhkan biaya dan waktu, namun sepadan demi menjaga lingkungan dari polusi asap akibat pembakaran
Janganlah demi keuntungan sendiri malah menyebabkan kesengsaraan orang lain. Kita semua tinggal di bumi yang sama, sudah seharusnya saling menjaga, menjaga alam dan makhluk hidup lain yang hidup bersama, jangan mencemari lingkungan dengan polusi asap !!
Sekian ^ _ ^

Tidak ada komentar: